Selamat Datang di HABITAT DESAIN, tempat berkumpulnya desain-desain yang unik, lucu, dan penuh inovasi. Oh ya disini juga anda dapat mengutarakan pendapat anda tentang desain yang sekira nya anda binggung dengan tujuan dan maksud dari desain itu, so jangan malu bertanya karena malu bertanya maka anda akan malu selamanya... hehehe...

Pengertian Identitas dan Logo


Pengertian tentang Identitas
Identitas yaitu suatu keterangan atau data gambaran mengenai perbedaan dimana ada hasil karya visual maupun non-visual yang dapat di tampilkan.

Pentingnya identitas visual dalam kehidupan
Identitas visual dalam kehidupan sangat perlu diperhatikan, karena penampilan visual atau logo adalah salah satu cara untuk menghadapi kesulitan membangun pasar sasarannya. Selain itu, identitas visual berguna juga dalam persaingan agar produk dapat dibedakan satu dengan lainnya.

Contoh fenomena identitas visual
Contohnya, di industri telekomunikasi seluler Indonesia yang dikuasai Telkomsel, Indosat, dan Axelcomindo. Ketiga perusahaan itu memiliki kekuatan masing-masing baik dalam penampilan identitas visual maupun identitas lainnya.Telkomsel unggul selain karena sebagai perusahaan telekomunikasi seluler pertama di Indonesia, hampir semua masyarakat mengenal logo perusahaan ini. Fenomena ini dapat kita pelajari memang identitas visual sangat berpengaruh baik dalam segi pemasaran maupun dalam membedakan produk dengan perusahaan lainnya. 

Pengertian tentang logo
Logo yaitu merupakan sebuah huruf atau sebuah plat yang dicetakkan yang memiliki makna, yang biasa dipergunakan sebagai nama surat kabar atau lambang. Namun logo mengalami deformasi sesuai perkembangan zaman dari mulai bentuk-bentuk logo yang rumit hingga menjadi sebuah bentuk yang sederhana dan mudah diingat. Berbagai pilihan elemen-pun ikut bertambah, mulai dari penggunaan inisial, nama perusahaan, monogram maupun pictogram. logo secara sederhana terbagi atas dua bagian yaitu Word Marks atau Brand Name yaitu logo yang tersusun dari bentuk terucapkan, serta Device Marks atau Brand Mark yang tersusun dari bentuk tak terucapkan. Bisa pula logo terdiri atas keduanya, yang merupakan kombinasi dari brand name dan brand mark. Sebagai contoh untuk brandname adalah logo Sony yang hanya tersusun dari kata sony, dan Shell logo untuk brand mark yang tersusun dari gambar kerang. Sedangkan paduan keduanya adalah seperti logo rokok Djarum, yang terdiri dari tulisan Djarum dan gambar jarum.
Kemudian dengan semakin bertambahnya jumlah produk di pasar,
Serta semakin kompleknya karakteristik pasar muncul berbagai jenis logo, yang pada dasarnya merupakan paduan dari dua jenis logo diatas. Berikut kami sajikan beberapa jenis logo
 
Nilai penting logo bagi sebuah lembaga atau produk
Pada masa awal perkembangannya, logo tidaklah serumit sekarang. Mula-mula logo hanya berupa bentuk yang tak terucapkan seperti gambar, yang dibuat oleh perajin untuk lambang kerajaan. Seiring dengan berkembangnya jaman, logo tidak hanya digunakan untuk kepentingan kerajaan saja, melainkan untuk memberi tanda pada barang-barang yang dijual di pasar. Seiring dengan perkembangan dunia periklanan, peran logo menjadi amat penting terutama dalam pembuatan strategi branding sebuah produk. Fungsi identitas merupakan ukuran sebuah logotype, dengan hanya melihat logo seseorang akan ingat, tertarik, lalu membeli. Dari fungsi ini, logo kemudian menjadi ukuran sebuah citra, baik citra sebuah produk, perusahaan maupun organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar