Selamat Datang di HABITAT DESAIN, tempat berkumpulnya desain-desain yang unik, lucu, dan penuh inovasi. Oh ya disini juga anda dapat mengutarakan pendapat anda tentang desain yang sekira nya anda binggung dengan tujuan dan maksud dari desain itu, so jangan malu bertanya karena malu bertanya maka anda akan malu selamanya... hehehe...

Derivasi Menuju Produk Unggulan


Definisi derivasi (turunan) ialah proses melakukan rincian produk ‘hulu’ sampai ke produk ‘hilir’ untuk mengetahui posisi suatu produk dan tingkat derivasi atau turunannya.
Paradigma wirausaha menggambarkan idealnya untuk mengawali usaha harus dimulai dari produksi. Untuk memproduksi tentu saja dibutuhkan input minimal berupa bahan baku, sumber daya manusia atau personal, serta peralatan dan perlengkapannya.
Produk merupakan hasil budaya manusia baik dengan bantuan teknologi sederhana apapun, atau tanpa ditopang oleh teknologi sama sekali. Dalam kenyataan di lapangan produk bisa berwujud barang, dan dapat pula berupa jasa. Adapun jenis-jenis produk yaitu:
1.      Barang
2.      Jasa
3.      Ide
4.      Kombinasi
Bila dikaji lebih dalam ternyata ‘ide’ pun merupakan produk, karena hal tersebut dihasilkan oleh budi daya manusia yang dapat dijual. Bahkan kadang-kadang ide justru bernilai tinggi dan tidak jarang menjadi mahal harganya. Setelah suatu produk dikemas sedemikian rupa umumnya baru dapat  dipasarkan kemudian dijual.
Dari 3 jenis produk ‘murni’ sebetulnya banyak sekali jenis produk yang merupakan hasil kombinasi dari ketiga jenis produk murni, yaitu barang, jasa, dan ide. Apabila suatu produk telah di derivasi sedemikian rupa, produk tersebut hendaknya betul-betul menjadi produk yang sangat dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat yang masuk dalam kategori segmentasi pasar dari BE yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar