Menurut Jefkins dalam bukunya periklanan (1997:39-56 dalam Zilal, 2008: 16-17), secara umum iklan dapat dibagi kedalam tujuh bagian, yaitu;
1. Iklan konsumen (consumen advertising)
Iklan konsumen adalah iklan yang ditujukan langsung kepada konsumen oleh para produsen. Media yang cocok untuk media ini adalah media yang diminati secara luas seperti koran, majalah, radio, dan lain-lain.
2. Iklan antar bisnis (business to business advertising)
Barang atau jasa yang diiklankan adalah barang/jasa non-konsumen yaitu barang antara yang menjadi unsur produksi, jadi sasarannya perusahaan juga.
3. Iklan Perdagangan (trade advertising)
Iklan ini ditujukan kepada kalangan distribusi, agen, ekspor, impor, serta pedagang kulakan dan grosiran.
4. Iklan eceran (retail advertising)
Iklan ini dikeluarkan oleh pasar-pasar swalayan, toserba, supermarket, dan sejenisnya. Media yang sering digunakan dalam iklan ini adalah koran lokal, katalog, brosur, dan selebaran, serta media luar ruang.
5. Iklan keuangan (financial advertising)
Iklan ini meliputi iklan-iklan dari jasa-jasa keuangan seperti bank, jasa tabungan, asuransi, dan investasi. Sebagai pelengkap biasanya iklan di sertai laporan keuangan, prospek perusahaan, catatan investasi, dan lain-lain.
6. Iklan langsung (direct advertising)
Iklan langsung ditujukan kepada konsumen melalui surat langsung atau jasa pos.
7. Iklan rekruitmen (recruitment advertising)
Iklan ini secara umum berisi tentang perekrutan tenaga kerja
Hari gini masih beli pulsa ke orang? mahal tauuuu.
BalasHapusIsis sendiri donk, tanpa kenal waktu karena bisa 24 jam.
Udah itu hemat, selisihnya 1000-1500 lho daripada beli di konter.
FindPULSA menerima pendaftaran agen pulsa skala nasional.
1 chip ALL OPERATOR, Harga bersaing, transaksi full lancar.
Hanya modal punya HP, udah bisa tuh, dijual pun untung.
Info lengkap, http://findpulsa.wix.com/home